Rabu, 04 Mei 2016

bisa dibilang prinsip

kata orang mahasiswa kalau sudah aktif diorganisasi itu namanya aktivis !
organisasi dalam dunia mahasiswa ada dua tipe organisasi ektra dan organisasi intra. organisasi ektra adalah organisasi yang bergerak diluar kampus, oragnisasi intra adalah organisasi yang bergerak didalam kampus.

saya salah satu mahasiswa yang tidak berniat aktif diorgan ektra, karena ada alasan tetentu yang tidak bisa dipaparkan disini. namun saya sangat prihatin jika ada organ ekra kampus ikut campur dalam organ intra kampus. bisa dilihat jika kampus sudah mengadakan pemilu entah untuk presma, gubernur DLL, organ ekstra selalu berebutan kursi eksekutif kampus yang notabene organisasi intra. seharusnya walaupun dia berasal dari ekstra kampus dia harus melepas baju organisasi luarnya. hanya saja disini kepentingan organ ekstra kadang menjadi kepentingan organ intra juga. 

soe hok-gie berpendapat kalau organ ekstra kampus sangat rentan untuk ditunggangi oleh kepentingan politik pemerintah. nah maka dari itu seharusnya organ ekstra kampus tidak boleh ikut campur dalam eksekutif kampus. mereka yang terpilih di eksekutif kampus bukan berasal dari organ ekstra, ormas atau apapun itu. tapi mereka terpilih karena komitmen dan kecakapan mereka. 

mungkin banyak yang tidak sependapat dengan saya dalam hal ini, namun ini merupakan hasil pemikiran saya yang dilihat dari sejarah organ ekstra kampus. bukan maksud saya untuk men-judge organ ekstra namun saya berbiara apa adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar